Diskriminasi Sepeda Jogja

Dear Pak Walikota Jogja dan Bupati Sleman,

Perkenalkan saya Juwari, warga Bantul yang setiap hari menggunakan jalan di kabupaten Sleman dan kota Jogja untuk bekerja. Lokasi kerja saya di Jl Laksda Adi Sucipto.

Hari ini (20/7) saya putuskan bersepeda. Niat baik untuk anti-polusi dan mengatasi kemacetan kota Bapak. Bukan cuma hari ini saya bersepeda, tapi beberapa waktu lalu saya bersepeda dengan tujuan seperti yang saya sebutkan di atas.

Dan pada hari ini pula ban sepeda depan saya bocor. Tepat di Jl Laksda Adi Sucipto di daerah Gowok saya musti mencari tambal ban di tempat paling dekat. Saya merasa kesulitan karena empat kali ditolak oleh tambal ban. Alasan yang saya kira tepat adalah mereka enggan menambal ban sepeda ontel saya karena memang menambal ban sepeda ontel tidak menguntungkan, beberapa menjawab “orang yang nambal belum datang” kilahnya.

Alhasil saya musti jalan kaki nan jauh. Terpaksa untuk nuntun sepeda ontel sampai sekitar beberapa ratus meter ke depan sampai di perbatasan kota Jogja.

Yang ingin saya sampaikan adalah barangkali kota ini seharusnya ramah pada sepeda. Tidak hanya barangkali dari pemerintah menyediakan fasilitas pendukung bagi para pesepeda, namun juga jalan yang dipakai oleh pesepeda.

Beberapa kali ketika menuntun sepeda mobil dengan seenaknya “minggir” di depan saya. Saya tahu mereka parkir, tapi kok di depan saya. Apalagi saya tidak melihat jalur sepeda itu digunakan sebenar-benarnya dan dihormati sebagai jalur yang khusus bagi para pesepeda seperti saya.

Saya kira kota Bapak ingin berbenah menjadi kota yang tiap hari menghadapi kemacetan menjadi kota yang bebas macet dan polusi. Ini hanya keluh kesah saya karena sulitnya menjadi pesepeda di Jogja ini. Tidak hanya saya, tapi juga pesepeda lain yang juga menghadapi persoalan serupa, apalagi istri saya juga mengalami hal serupa kemarin (19/7).

Demikian surat yang saya publish ke blog saya, harap Dinas Perhubungan mempertimbangkan untuk kebijakan yang pro-pesepeda. Benar-benar pro-pesepeda, bukan kendaraan motor yang buat polusi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s