How to be the Winner?

Sumber: Nusantaranews.co

Buya Hamka pernah berkata “kalau hidup sekadar hidup, babi di hutan pun hidup. Kalau bekerja sekedar bekerja, kera juga bekerja”. Bagiku, kalimat Buya kalimat sakti, intinya hidupmu hidupku mesti berarti, berarti seperti apa? Depend on your values.

Bagi seorang abdi negara, atau PNS atau “dikerenkan” jadi Civil Servant, kalimat itu menohok. PNS identik dengan zona nyaman, butt bagiku yang baru jadi seorang Civil Servant, perlu ada prinsip atau komitmen agar tidak terjerembab ke zona nyaman. Sudah banyak contoh jika seorang PNS bisa berkontribusi banyak buat negara, I will not say here.

Ada beberapa catatan atau lebih tepat apa yang mesti kita jaga sebagai PNS yang baru, apa itu? Check it

1. Stay young, stay “kritis”
Sebagian atau bahkan sebagian besar PNS di organisasi kita mungkin sudah berusia lanjut, lebih dari 40 tahun. So, tetaplah berjiwa muda, kritisi apa yang tidak benar atau yang kita anggap tidak sesuai dengan sistem yang profesional, atau good governance. Jangan terpengaruh, tetap idealis

2. Bacalah buku sebanyak-banyaknya
Try to keep your habit. Bacalah buku, terutama tentang bidang kita, pemerintahan, akuntabilitas atau apalah yang membuat dirimu pintar. Sebanyak banyaknya! Sebisa mungkin setelah membaca, tulis ide-idemu dan analisi dalam buku.

3. Connect to Community
Di Jakarta, banyak komunitas yang bisa kita jajal. Bagiku, yang lebih suka tentang lingkungan, komunitas tentang lingkungan wajib diikuti, tapi tidak menutup untuk komunitas lain, sebanyak-banyaknya.

4. Berbuat baik, Hubungan network
Bagi yang sudah berumur, hahaha. Hidupmu bukan berawal kemaren sore, kita sudah banyak teman dan jaringan, cobalah untuk rutin retention dan rutin bersilaturahmi dengan mereka. Siapapun mereka, bahkan mereka dengan berpikiran beda dengan kita.

So, lets do these!

Advertisements

2 thoughts on “How to be the Winner?

  1. Artikel yang menarik..
    Paradigma bahwa pns itu zona nyaman harus mulai di rubah
    Kenapa begitu?
    Kalian lah agen perubahan yang seharus nya menjadikan lembaga negara sebagai tempat yang semesti nya..
    Profesional namun tetap humanis.
    Semoga apa yang sudah di tulis mas aje dapat menjadi perubahan bukan hanya untuk mas aje pribadi namun bagi semua yang membaca nya.
    Selamat mengabdi kepada negara ya mas aje..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s